Abu Ikhwan Aziz Dan Kelepon Serta Kurmanya

Spread the love

Tentang kue Klepon yang tidak Islami dan mending beli kurma saja, itu namanya false flag. Yup, kalian yang termakan dan menyebarkannya, bahkan kalau sampai marah, adalah korban.

Tehnik ini, adalah degan sengaja berpura-pura menjadi pihak lain, menyebarkan kebohongan tentang pihak lain, bahwa seakan-akan pihak lain itu yang membuatnya, padahal dia yang bikin, kemudian mengambil untung dari menyebar luasnya berita itu.

Gobloknya gini. Saya dengan sengaja nyamar jadi ormas A, berkelakuan jelek, supaya nama ormas ini hancur.

Kalau kasusnya kali ini, nah …. Ada pihak yang membuat posting seolah ada pihak dari kalangan Islam bernama “Abu Ikhwan Aziz” yang mempermasalahkan kurma, padahal si Abu Ikhwan Aziz ini orang yang nggak ada.

Begitu sebuah issue dengan tehnik false flag ini naik daun, maka nama Abu Ikhwan Aziz ini naik daun juga. Akun-akun nama serupa juga muncul, dan karena nama ini terekspos, maka nilai jual akun tersebut naik. Kenapa? Ya karena banyak dicari orang.

Kalau akun udah terkenal buat apa? Ya paling gampang buat dagang. Nanti tinggal diubah namanya, dan follower-follower akun yang Abu Ikhwan Aziz ini tetap jadi followernya, ga sadar namanya diganti.

Boleh cek, pasti banyak akun baru dibikin hari ini yang namanya Abu Ikhwan Aziz. Nama situs juga mungkin ada dibooking, saya ga tau. Tapi biasanya sih gitu.

Viral sesaat itu berharga, lho. Lumayan banget, bisa dipake buat brand awareness. Buat ngiklanin produk. Positif negatifnya nggak ngaruh. Yang penting, naik daun dulu.

Terus siapa komoditasnya dalam hal ini? Ya kalian, yang terpancing, marah-marah, dan ikut ngeviralin tentang kelepon. Ya, termasuk saya, yang nulis ini juga, hehehe ….

Eniwei, strategi seperti ini normal dilakukan dalam bentuk non-marketing stuffs. Dulu, misalnya. Tahun 2013an. Fansnya jkt48 pura-pura jadi fansnya Cowboy Junior, bikin ulah, biar orang mikir fansnya Cowboy Junior itu jelek.

Percayalah, sebego-begonya orang Islam, Kadrun sekalipun, nggak bakal menggunakan kelepon sebagai kampanye bahwa Klepon itu tidak Islami. Itu jelas bunuh diri. Kenapa? Karena selain Klepon susah sekali dikatakan tidak islami, warna hijau itu justru warnanya orang Islam.

Leave A Comment