Hoshi No Koe, Suara Dari Bintang Yang Jauh

Spread the love

Kalian sering membaca tulisan saya dan mengatakan saya galau? Tontonlah ini. Kalian mungkin bisa mengerti. Bahwasannya galau itu bukanlah kata yang tepat. Galau itu bingung. Galau itu tidak cocok untuk mendeskripsikan saya. Saya tidak pernah bingung. Saya tahu posisi saya, saya tahu kelemahan saya. Saya tidak galau.

Seorang kawan baik saya, orang yang saya anggap kakak lain ayah lain ibu, Brian Tanpati, pernah mengatakan, “Karena sesungguhnya, orang-orang melankolis hidup lebih lama, untuk merasakan kegetiran dunia.”

Film ini film lama. Tahun 2002. Digambar, dianimasikan, dibuat sendiri oleh satu orang. Makoto Shinkai. Ia membuatnya dengan satu buah komputer mac tebal jadul, yang bahkan bukan barang yang wah pada zamannya. Tontonlah, dan anda akan melihat keindahan yang bahkan sangat sulit disaingi oleh studio manapun di tahun 2014 ini, dua belas tahun setelah film ini dibuat.

Film ini pendek, tidak sampai 30 menit. Jauh lebih pendek dari karya anyar Makoto Shinkai yang lain, semisal Byousoku 5cm. Tapi saya yakin, ia saat itu yang membuatnya sendirian, membuatnya dengan segenap jiwa, segenap perasaan. Hingga mampu mewakili perasaan banyak orang.

Dan saya menerjemahkannya ke bahasa Indonesia, dengan segenap perasaan saya…

Leave A Comment