Jebolnya Database Tokopedia

Spread the love

Database berisi 15 juta informasi pelanggan tokopedia bocor Maret lalu, dan kini dijual di pasar gelap. Username, email, dan nomer telepon serta lokasi adalah hal yang sudah pasti didapatkan.

Untuk password, penjualnya mengaku belum berhasil mendekrip, dan dia sedang mencari orang yang bisa membantunya untuk bekerja sama. Banyak yang berminat kalau membaca thread di forumnya. Apalagi ada yang bilang begini.

“Hello.
Did you try the few 500, 000 MD5, or the above mentioned usr_pwd_1 (at the end) column containing hashed password for all users ?”

Sepertinya dalam waktu dekat, passwordnya akan kelihatan semua.

Apakah anda merasa aman karena transaksi Toped anda nggak gede? Anda nyantai karena Toped anda ga ada apa-apa? Sebenarnya, bukan akun Toped anda yang diincar.

Jika saya penjahat, saya tau rahasia anda yang paling penting. Kemungkinan besar, password Tokopedia anda sama dengan password-password and yang lain. Ini incaran saya. Bisa jadi sama atau mirip-mirip dengan password facebook anda, google anda, email kantor anda, bahkan mobile banking anda.

Ingat, saya sudah punya data anda yang lain, termasuk lokasi anda. Melakukan profiling terhadap diri anda akan semakin mudah. Mau lihat anda tinggal di mana? Tinggal cek anda ngirim barang ke mana.

Jadi, segera ingat password apa aja yang sama atau mirip-mirip dengan akun Tokopedia anda. Password email? Password facebook? Password social media?

Kalau sudah ingat, segeralah ganti.

Leave A Comment