Hom Pim Pah Alaihum Gambreng Dan Sansekerta

Spread the love

Hari ini, saya mendadak iseng. Penasaran dengan arti kata Hompimpa. Googling sebentar, saya menemukan bahwa itu dari bahasa sansekerta, yang artinya adalah “Dari Tuhan kembali ke Tuhan.” Itu saja, tanpa penjelasan lebih lanjut. Mayoritas artikel-artikel yang saya temukan di google menulis bahwa demikian artinya.

Saya nggak yakin tentang ini. Jadi, saya cari kata Tuhan dalam bahasa Sanskrit, bahasa Sansekerta.

Amara, upapaduka, suparvan, divaukasa, daksasuta, basar, gusti, pangran, widhi, hyang, deva, bhagavat, paramesha, tanum, iisha, ishwara, paraatman, vikalpa, svargaukas, bhava, tridivadhiza, dyusad, vasula, amartya, divaukas, divisad, yajjamzabhuz, naretara, vayuna, swadhabhuj, parisara, nirakara, makhamzabhaj, svargin, subala, vivasat, tridivaukas, asuradruh, dyusadman, swahabhuj, yajjazana, kratubhuj, karmaja, vibudha, dyujana, purodazabhuj, nirjara, vizyadhayas, nakapala, svaraloka, nityanandarasodadhi, tridiveza, yajjabhaga, dhrsana, amrtaprasana, danujadvis, mahezwara, adaiteya, svahsad, somayoni, dyudhaman, abhijya, divagata, vrndara, nakapati, budha, martyamahita, animisa, tridivin, yajhabhagabhuj, aditeya, nabhahsad, amrtaprasin, dan pujila.

Tidak ada satupun yang terdengar bisa masuk dan cocok dengan hompimpa, apalagi lanjutannya yaitu alaihum gambreng.

Tapi, kalau kamu lihat orang Konghu maen gunting-batu-kertas, mereka bakal bilang “Baao zin daap…!” Bao zin daap ini, di telinga orang yang ga ngerti bahasa Konghu, akan terdengar sangat mirip dengan “hoom pim paaa…!”

Di Indonesia, gunting-batu-kertas ini, yang disebut suit atau gang suit, biasanya cuma buat dua orang. Lebih dari itu, bakalan hompimpa. Di kebanyakan negara lain, metode pengundian gunting-batu-kertas ini bisa dimainkan lebih dari satu. Jadi, mainnya kayak suit, cuma orangnya ga berdua.

Orang Konghu juga, hompimpanya pake gunting-batu-kertas. Kamu bisa googling, keywordnya rock paper scissor Cantonese. Iya, Konghu ini orang Kanton.

Menurut kamu, gimana?

Oh iya, orang Dompu nggak bilang hompimpa whatsoever. Orang Dompu, kalau ngelakuin hompimpa, bilangnya “Eeeee… Yang!” Brengsek emang orang Dompu tu. 😀

Leave A Comment