Kenapa Situng Terkadang Salah Bahkan Harus Salah

Spread the love

Sayang penjelasan yang sederhana tapi benar dari pak Harry Sufehmi ini lewat begitu saja di timeline saya, lebih dari 20 hari, lagi. Mungkin karena saya waktu itu malah sibuk main Ragnarok Online, nggak peduli, dan nggak nulis apa-apa. Maaf.

Situng adalah publikasi apa adanya dari C1. Walau C1nya salah sekalipun, angka di Situng harus tetap mengikuti apa yang ditulis di C1.

Jadi begitulah cara kerja Situng KPU. Tidak ribet. Dan karena situng bukan keputusan mutlak, kalau angka di situng aneh-aneh, nggak ngaruh sama hasil siapa yang menang. Kenapa? Karena nanti keputusannya dibenerin di Sidang Pleno yang terbuka itu.

Koreksinya juga bisa cepat, karena setiap warga di daerahnya bisa ikut mengawasi data dari daerahnya dan melaporkan kalau C1nya salah.

Kalau angka di Situng ada yang salah, itu normal. Berarti C1nya ada yang salah. Nggak perlu marah, apalagi panik. Kalau udah kayak gitu, tinggal dilaporkan. Kapan? Ya pas Sidang Pleno masing-masing. Kan terbuka.

Situng adalah alat deteksi untuk mengetahui mana C1 yang salah, dan mana yang tidak. Sudah, sampai di situ saja tugasnya. Sederhana, nggak ribet.

Dan hindarilah selalu penjelasan yang ribet bin njelimet. Kita semua udah pengalaman, kan? Kalau ada yang ribet, selalu bisa diselipin sesuatu.

Leave A Comment