Kenapa VPN Adalah VPN

Spread the love

Wah, saya dapat tanggapan dari kenalan baru di facebook, dari Erick Izal di Tasik.

Kumaha kabarna Tasik sadayana? Damang ayeuna? Amiiin. 🙂
Nah, tanggapannya isinya gini.

—-
“Gak cuma vpn kok bang , semua aplikasi yg di instal bisa baca data2 kita, lagipula penjualan data oleh pemilik aplikasi itu dilarang , pemilik aplikasi dpt uang dari iklan2 saat aplikasi dijalankan
,
Sbgai contoh ada pengembang aplikasi yg dibayar per tayangan iklan misalnya per 1000x tayang, ada jg yg dibayar per klik iklan, (iklan yg di klik oleh pengguna aplikasi) dr situlah pengembang aplikasi dpt uang kecuali aplikasi yg berbayar itu murni dpt uang dr pembelian saat instal”
—-

Saya nggak pernah nulis aplikasi yang diinstal nggak bisa baca data2 kita loh. 😉

Nah, gini deh Rick, ma bro. Tau dooong bedain VPN dengan aplikasi? Aplikasi itu program. VPN itu layanan, servis. Beda dong ya…

Kalau aplikasi, data yang di aplikasi saja yang bisa dimonitor sama yang punya aplikasi. 🙂

Kalau VPN, karena servis, ada kemungkinan lalu lintas data dari semua aplikasi, dari semua program, dari apapun yang kita buka, semua, semua seeemuanya lewat sana, semua bisa jadi milik yang punya VPN. Dikumpul-kumpulin. Kemungkinan ini sangat besar sekali.

Contoh ya. Kalau kita misalkan aplikasi yang ngumpulin data facebook, nih. Ya udah, data facebook aja. Aplikasi Mobile Bankingnya nggak dikumpulin datanya.

Nah, kalau VPN, karena servis, karena kita konek internetnya numpang ama jaringan VPN, karena semua koneksifitas kita lewat sana, ya udah, ada kemungkinan semuanya disadap. Kita nggak tau.

Kalau data kita dikumpulkan sama facebook misalkan, ya memang itu haknya facebook. Tapi ya facebook nggak bisa dong, monitoring yang lain selain dari punyanya dia.

Dan, kalau misalkan data kita yang di facebook bocor, misalkan loh ya, kita jelas bisa nyalahin facebook karena jualan data user dilarang. Kalau kebocoran semua data yang lain gegara VPN? Hayooo…

Kira-kira gitu penjelasan gampangnya. Bisa ngerti dong, sekarang?

Satu aplikasi, tidak membuat semua data bocor.
Satu servis, bisa jadi bocor semua.

Tos dulu yuk…

Leave A Comment