Untuk Ibu Ida Zuraida Nafies

Spread the love

Halo ibu Ida Zuraida Nafies

Kenalkan. Nama saya Farhan. Saya senang ibu bertanya dengan serius. Saya mengasumsikan dari keseriusan ibu dalam bertanya, ibu benar-benar nggak tau dan butuh jawaban serius. Saya jadi bersemangat. Saya melihat ibu Ida cukup punya keinginan untuk belajar. Lupakan semua jawaban kasar di timeline ibu, ya? Biar saya ajarkan dengan bahasa yang gampang dicerna oleh otak. 😉

Jadi pertanyaannya, kenapa polisi Indonesia di gambar yang ibu kirimkan terlihat oriental-oriental ya?

Karena memang Indonesia itu oriental, bu Ida. #seriusjawab

Secara linguistik, oriental itu dari kata orient, bu. Itu bahasa Inggris, yang kalau dibahasa Indonesiakan artinya Timur, Ketimuran, atau Negara Timur. Nah, di sudut pandangnya dari Inggris sana, semua negara asia di sebelah timur itu oriental, bu Ida. Biasanya diwakilkan sama Cina, Jepang, dan Korea karena tiga itu yang oke punya. Sisanya masih negara berflower.

Arab dan rekan-rekannya nggak dong, karena itu middle east, timur tengah.

Kalau indonesia? Indonesia, Thailand, Vietnam, dan kawan-kawannya masuk ke Tenggara. Tau nggak tenggara itu bahasa Inggrisnya apaan? South East, bu. Masih east juga. South orientlah gampangnya biar ngeh.

Nah, itu secara linguistik ya bu. Secara bahasa. Sekarang, kita upgrade sedikit pengetahuan ibu ke yang ada bau-bau sainsnya.

Orient itu identik sama tipe muka mongoloid kan bu? Ah, ibu nggak familiar sama mongoloid kan ya. Kalau bahasa sehari-harinya di Indonesia ini, muka minyak babi. Nah, sekarang udah paham kan? Saya rasa saat ibu nanya orient, pertanyaan ibu sebenarnya kayak gini:

“Kenapa polisi di gambar itu muka minyak babi semua, ya?”

Hayooo ngakuuu, hehehehe… 😄

Jadi gini bu Ida. Jawabannya adalah karena mayoritas suku di Indonesia itu ras manusianya melayu mongoloid. Iya, Melayu yang sering disebut pribumi itu ciri-ciri fisiknya Mongoloid. Sama kayak orang di negeri Tiongkok sana.

Sunda itu melayu mongoloid, Jawa juga gitu, sampe orang-orang di pulau Sulawesi sana itu masih melayu mongoloid. Mayoritas di Indonesia itu masih mongoloid, kok.

Terus kok muka orang Indonesia beda sama idol Korea atau F Tse legendaris itu? Ya karena mereka bintang film, bu. Ibu pernah ke RRC bu? Di sana banyak kok yang mukanya kayak tetangga ibu. Asli!

Terus kulit? Contoh yang lain, bu. Temen saya orang Nippon asli, tinggal di Nippon sana, ga ada putih-putihnya, bu. Kulitnya sawo mateng kayak ibu. Nelayan di Nippon sana juga sama itemnya kayak di nelayan di Muara Angke.

Ini masalah banyaknya waktu terpapar sinar matahari kok bu. Nggak perlu dong, saya jelasin Indonesia negeri tropis itu apaan… Ibu pasti udah paham, yekaaan? 🤗

Jadi, tenang aja bu, masalah polisi yang mukanya minyak babi. Ini Indonesia, bu. Jangankan cuma polisi yang pangkatnya level serdadu. Saya kenal kok bu, mantan letjen yang muka-muka oriental gitu.

Namanya Pak Haji Prabowo Subianto Djojohadikusumo. 😊

Mertuanya beliau yo podho. 😉

Leave A Comment