10 November

Spread the love

Di penghujung hari ini, saya ingin bertanya. Siapa aja yang ingat kalau tanggal 10 november ini hari pahlawan? Banyak yang ingat, dong. Ada satu pesan seragam dari para pendahulu bangsa kita di nusantara. Pesannya, jangan pernah lelah untuk mencintai Indonesia.

Kamu tau, tanggal 10 november 1945 itu puncaknya Pertempuran Surabaya. Setelah terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby, penggantinya, Mayor Jenderal Robert Mansergh mengeluarkan ultimatum yang menyebutkan bahwa semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri dengan mengangkat tangan di atas. Ultimatum tersebut kemudian dianggap sebagai penghinaan bagi para pejuang dan rakyat yang telah membentuk banyak badan-badan perjuangan.

Pada 10 November pagi, tentara Inggris mulai melancarkan serangan. Pasukan sekutu mendapatkan perlawanan dari pasukan dan milisi Indonesia. Pertempuran berdarah di Surabaya yang memakan ribuan korban jiwa tersebut telah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk melakukan perlawanan. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat sipil yang menjadi korban pada hari 10 November ini kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan oleh Republik Indonesiahingga sekarang.

Oh iya, abaikan tulisan tangan saya. Masih jelek kayak dulu, dari jaman SD sampai SMA. Cukup ingatkan saja perkataan Bung Tomo waktu itu.

“Selama banteng-banteng Indonesia masih mempoenjai darah merah jang dapat membikin setjarik kain poetih mendjadi merah & putih, maka selama itoe tidak akan kita maoe menjerah kepada siapapoen djuga!”

Yo opo kabare rek? 😉

Leave A Comment