Bikin Kopi Foam

Spread the love

Kamu tidak perlu susu segar full cream, kopi gilingan, dan espresso machine untuk membuat ini. Kamu bisa membuatnya dengan kopi kapal api, susu kental manis, panci, dan botol yang penutupnya rapat, misalnya botol kaca sisa sirup. Seperti saya.

Yang kamu perlu lakukan, adalah merebus air dengan panci sampai benar-benar mendidih. Kemudian, masukkan setengah airnya ke botol, beri susu kental manis, kemudian tutup botolnya dan kocok sekuat tenaga. Di sini, fisika akan bekerja. Susu yang jadi foam di mesin-mesin kopi mahal itu sebenarnya mengandalkan pressure, tekanan, untuk mengubah susu menjadi busa. Kamu pernah mengocok air panas dengan tumbler kemudian tutupnya meletus? Itu pressure, tekanan. Itu yang kamu lakukan dengan mengocok susu kental manis campur air panas di botol yang tutupnya rapat. Susunya jadi foam. Keren bukan, fisika itu?

Oh ya, dengan sisa air yang tinggal sedikit itu, rebuslah kopi kapal apinya. Yang banyak, biar kental. Nanti kopinya bakal naik, mau luber. Aduk, kecilkan apinya. Biar ga tumpeh-tumpeh. Kemudian diamkan sampai mengendap. Setelah itu, tuangkan ke gelas atau cangkir. Tuang yang tinggi, biar berbuih karena oksidasi dengan udara, sama kayak tukang kopi tarik itu.

Setelah itu, tuangkan susu buih dari botol. Tuangkan perlahan, dengan sudut rendah. Sama kayak nuangin anggur ke gelas. Miringin gelasnya. Jadi, di atasnya bisa muncul gambar hati atau daun.

Atau kayak buatan saya. Abstrak. Seperti hati yang luka… 💞💕💔😆

Leave A Comment