SBSWSASY

Spread the love

Hai-haaai! Kamu suka Chinese Food? Saya baru saja menciptakan sebuah resep baru yang pastinya oke buat kamu. Oh, dan saya sudah memberi nama yang kesannya oke, Sauted Bean Sprout With Spices And Soy Sauce. Disingkat, SBSWSASY.

Oke, mulai sekarang, panggil saya chef.

Nah, untuk membuat SBSWSASY, bahan-bahan yang kamu butuhkan adalah dua siung bawang putih, lima siung bawang merah, sepertiga ruas jahe, daun salam, sereh, minyak goreng, air satu gelas, kecap manis dua sendok makan, garam secukupnya, merica secukupnya, dan satu bahan istimewa. Toge satu kilo.

Ada perlakuan spesial yang wajib dilakukan dengan bahan terakhir. Belilah satu kilo toge di pasar tradisional. Harganya murah, hanya empat ribu rupiah. Setelah itu, pastikan kamu lupa bahwa kamu pernah beli toge. Ini akan membuat toge yang kamu simpan selama empat hari mulai tumbuh akar dan daunnya. Inilah bahan rahasia tersebut. Toge yang punya akar dan daun. Unik bukan?

Untuk membuatmu lupa bahwa kamu beli toge, kamu bisa menyibukkan dirimu dengan hal-hal nggak penting. Ngebenerin motor klasik temen kamu misalnya.

Seperti yang sudah saya lakukan empat hari ini.

Jika bahan sudah siap, mari mulai memasak. Haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, garam, dan merica. Panaskan minyak goreng, dan tumis bahan-bahan tadi hingga berwarna kuning keemasan dan harum.

Setelah itu, masukkan air, daun salam, sereh, dan kecap. Biarkan sebentar hingga mendidih sambil diaduk perlahan.

Jika sudah, masukkan sekilo toge yang sudah punya akar dan daun tadi. Bolak-balik sebentar hingga sedikit bercampur dengan kuahnya, kemudian tutup dengan panci Rice Cooker. Ini penting, sehingga toge memiliki tekstur seolah-olah terkukus, tapi tetap kaya akan aroma. Kecilkan api, biarkan hingga lima belas menit, kemudian angkat dan tiriskan. Selesai. Mudah bukan?

Lalu kenapa masakan ini disebut Chinese Food? Aturan toge yang udah kriput, berakar dan daunnya tumbuh itu dibuang secara orang bilang udah rusak. Tapi, kalau kamu buang, itu berarti kamu rugi. Supaya ini toge tetep bisa cuan, togenya harus dimasak dan dimakan. Kurang cina apa hidup ini…

Ai ho ciak bo? Lu mai khua aja, try-try lah! Ciak seng!

NB:
1. Yang membuat masakan ini terasa lebih nikmat dalah kamu baru saja menghemat empat ribu rupiah.
2. Kamu bisa menyebut masakan ini Arabian Food dengan alasan yang sama.

#rasis

Leave A Comment