Mari Hentikan Penambangan Pasir Besi Di Tambora

Spread the love

Seberhasil apa kamu sekarang?

Tapi biarlah saya bercerita, bertemu dengan kawan lama setelah sangat lama tidak bertemu itu menyenangkan. Namanya Supratman Syamsamtingyangharussayasensor. Saya kenal dia, bertahun-tahun yang lalu, saat internet masih seperti sedia kala, setidaknya di Lombok, Senggigi. Masa itu, membantu dia bikin-bikin situs usaha travelnya, yang saking miskinnya, tanpa kantor. Numpang papan di sebuah warnet di Senggigi, yang kini tutup. Motor sebiji bisa bonceng tiga. Dia, dan Ilham Hadisurya, ditambah saya. Bolak-balik dari Mataram ke Senggigi.

Oh, dan karena usaha saat itu masih jaman jahiliyah dunia maya, dimana saingan adalah musuh berat, saya yang brengsek ini membantu pula “melenyapkan” usaha saingan, if you know what I mean…

Saya dan dia tertawa lepas mengingat masa-masa itu. Pantas usaha waktu busuk banget.

Sekarang? Dia sudah nge-bos. Kantor ada secara fisik, megah pula. Lombok Adventura gituloh. Unit kendaraan sudah bertambah bannya, dan jumlah orang yang dimuat. Saya duduk leha-leha santai di tingkat dua kantornya. Dia bergabung dalam Scoutsamtingwhatsoever itu, saya lupa, intinya, dia memberikan tempat nginap gratis untuk semua traveller yang kebetulan mampir ke Senggigi dan mau nginep di tempatnya dia.

Kalau melihat teman-teman lama yang sudah dahsyat perkembangan ekonominya, macam dialah, atau si Abe yang baru-baru kemarin ketemu dan udah jadi gubernurnya Telkomsel Bengkulu, kemudian membandingkannya dengan saya, rasanya saya kalah jauh. Dari dulu masih begini-begini saja. Masih pake motor, masih sering tongpes, masih menjauh dari hotel kalau nginep, masih… Jomblo.

Fakfakfak sementara mereka seenaknya beranak-pinak, berkembang biak.

Saya berpikir, kalau saya punya cewek, harta yang saya bisa banggakan, mungkin hanya kebebasan.

Tapi, untuk sementara waktu, cewek-cewek? Coba bantu isi petisi ini, untuk membebaskan sesuatu yang sangat berharga. Yang keberhasilannya lebih nyata bagi kita semua.

http://www.change.org/en-GB/petitions/presiden-republik-indonesia-dan-kementrian-lingkungan-hidup-hentikan-penambangan-pasir-besi-di-pesisir-pesisir-tambora

Leave A Comment