Bus Legenda Bernama Pemuda

Spread the love

Sungguh, jika saja Oogoe Diamondnya JKT48 dibikin PVnya, tentunya tidak muluk jika saya mengharapkan bis yang digunakan untuk syuting adalah bis legendaris Dompu yang kini telah tiada, PO Pemuda.

Bis bastard ini sangat khas dengan pintu bagasi yang terbuat dari kayu, kaca depan yang retak diselotip, muatan yang bervariasi dari manusia, hewan, dan benda mati berupa motor sampai traktor, atap yang selalu penuh oleh hasil bumi, dengan supir yang kontras dengan namanya karena rata-rata sudah tua.

Sungguh, walaupun ia selalu berangkat paling akhir dari terminal bus Cakre, ialah yang selalu pertama sampai di Poto Tano, saat bahkan kapal feri pertama belum berangkat. Saat bis lain masih ketinggalan 100 kilo di belakang. Saat bis lain masih di Alas dan sekitarnya. Sudah tidak terhitung banyaknya pegawai dan pelajar yang diselamatkan masuk hari pertamanya oleh bis ini jika mereka mudik. Spedometernya yang selalu rusak adalah saksi bisu bahwa sang angin bertekuk lutut di hadapan PO Pemuda. Siapapun sepanjang jalan lintas Sumbawa tahu, jika ada raungan mesin diesel menderu, berkelebat di malam yang gelap disertai bau oli campur bawang campur sayur campur ternak campur tembakau, itulah pertanda lewatnya sang legenda.

Tentunya akan sangat menarik jika ini bis yang digunakan pada lirik: “Kumengejar bis yang mulai berjalan, kuingin ungkapkan kepada dirimu” bukan?

Coba, kejarlah bis Pemuda!

#mengenaldompubersamablek

Leave A Comment